PENGEMBANGAN WACANA-WACANA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

AYU, LESTARI (2020) PENGEMBANGAN WACANA-WACANA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB1,2, DAPUS AYU LESTARI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI_AYU LESTARI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN WACANA-WACANA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG Oleh: Ayu Lestari Materi pembelajaran pada matakuliah embriologi jurusan pendidikan biologi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung masih bersifat umum, belum adanya integrasi antara keilmuan sains dan agama serta kurangnya pengetahuan tambahan bagi mahasiswa/i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, respon mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan wacana-wacana pembelajaran biologi berbasis integrasi sains dan agama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) sampai dengan tahap ketujuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Wacana layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran. Berdasarkan persentase hasil validasi ahli media memperoleh pesentase sebesar 84.09% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi memperoleh persentase sebesar 82.14% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 80.68% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli agama memperoleh persentase sebesar 87.05% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon tenggapan dosen embriologi wacana dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 93.05%. selanjutnya respon tanggapan mahasiswa/i dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 81.38%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa wacana-wacana pembelajaran biologi berbasis integrasi sains dan agama layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran bagi mahasiswa/i semester IV pada materi pembelajaran matakuliah embriologi. Kata kunci : Wacana, Pembelajaran Biologi, Integrasi, Sains dan Agama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:47
Last Modified: 14 Dec 2020 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item