PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA AL-IKHLAS JATI BENING PASURUHAN LAMPUNG SELATAN

Euis, Windiawati (2020) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA AL-IKHLAS JATI BENING PASURUHAN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu keaktifan yang rendah dalam pembelajaran Al-Qur’an, minimnya motivasi belajar santri, metode dan model pembelajaran yang tidak bervariatif, serta kualitas membaca Al-Qur’an santri yang masih kurang. Namun dalam penelitian ini penulis membatasi aspek yaitu peningkatan dari pembelajaran Al-Qur’an santri, penulis menggunakan metode ummi dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an santri. Metode ummi adalah salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an. Ummi sendiri bermakna ibu yang mana identik dengan sabar, tabah, dan lembut. Metode ummi dapat mengantarkan santri TPA Al-Ikhlas untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan mudah, lancar, dan sesuai tajwid. Perbedaan antara metode ummi dengan yang lainnya adalah metode pembelajaran ummi yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Oleh karena itu data yang diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran kondisi kelas. Selain itu dengan penelitian tindakan ini akan diketahui tindakan setelah proses tindakan persiklus. Temuan penelitian ini bahwa setelah menggunakan metode ummi dapat meningkatkan hasil pembelajaran Al-Qur’an santri di TPA Al-Ikhlas Jati Bening Pasuruhan Lampung Selatan. Hasil belajar yang diperoleh adalah kenaikan hasil pembalajaran Al-Qur’an santri sesuai dengan skor maksimum yaitu 75. Santri yang mendapatkan nilai kriteria baik yaitu 6 santri (35%), siklus 1 sebanyak 12 santri (60%), dan siklus II sebanyak 18 santri (85%). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ummi dapat meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an santri di TPA Al-Ikhlas Jati Bening Pasuruhan Lampung Selatan. Kata Kunci: Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:43
Last Modified: 14 Dec 2020 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item