ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 17 PERATURAN BUPATI WAY KANAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI WISATA LOKAL (Studi Pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan)

LISA, ANISA FRICCHILLIA (2020) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 17 PERATURAN BUPATI WAY KANAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI WISATA LOKAL (Studi Pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS  PUSAT.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP LISA ANISA FRICCHILLIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya wisata alam yang potensial apabila dikelola dengan baik. Hal ini menjadi salah satu faktor pendukung dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Way Kanan. Pemerintah daerah memiliki tugas dan fungsi dalam pengelolaan objek wisata yang ada di Kabupaten Way Kanan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 49 Tahun 2016 Pasal 17 Tentang Tugas dan Fungsi Kepala Dinas Pariwisata. Berdasarkan masalah diatas, penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu: Bagaimana Implementasi Pasal 17 Peraturan Bupati Way Kanan dalam meningkatkan potensi wisata lokal di Kabupaten Way Kanan? Dan Bagaimana analisis Fiqh Siyasah tentang Implementasi Pasal 17 Peraturan Bupati Way Kanan dalam meningkatkan potensi wisata lokal di Kabupaten Way Kanan dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Pasal 17 Peraturan Bupati Way Kanan dalam meningkatkan potensi wisata lokal di Kabupaten Way Kanan. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode lapangan (field research), yaitu merupakan upaya pengumpulan data secara langsung mengadakan pengamatan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam melakukah penyusunan, dengan pendekatan kualitatif adalah suatu cara analisis hasil penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif yang berwujud uraian dengan kata atau kalimat baik tertulis maupun lisan dari orang atau masyarakat yang berprilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pemerintah sudah amanah dalam melakukan tugas dan fungsinya sesuai dengan Pasal 17 Peraturan Bupati Way Kanan seperti terlaksananya program kerja pelatihan, pengembangan dan promosi objek wisata baik melalui media sosial ataupun media cetak, namun belum maksimal dan belum dilaksanakan dengan efektif, masih terdapat beberapa program kerja yang belumtercapai. Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya 3A.yaitu Atraksi (Attraction), Mudah dicapai (Accesibility), dan Fasilitas (Amenities) serta masih adanya keterbatasan anggaran dana yang diperoleh dari pemerintah untuk mengelola wisata lokal yang ada. Serta masih kurangnya kesadaran dari pengunjung untuk menjaga dan melestarikan objek wisata yang sudah ada dan pelaksanaan dari tugas dan fungsi nya sudah sesuai dengan teori Fiqh Siyasah yaitu dilakukan dengan amanah, jauh dari kemafsadatan dan menghadirkan kemaslahatan bagi masyarakat setempat ataupun pengunjung lokasi pariwisata serta sesuai dengan prinsip-prinsip kepemimpinan islam untuk memberikan keamanan dan kedamaian bagi umat islam agar mampu mencapai maksud dan tujuanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:07
Last Modified: 14 Dec 2020 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item View Item