KEPEMIMPINAN ADAT SEMENDE TUNGGU TUBANG DALAM MENINGKATKAN SILATURAMI DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIN SUMSEL

HERLAN AKROM, AKR (2020) KEPEMIMPINAN ADAT SEMENDE TUNGGU TUBANG DALAM MENINGKATKAN SILATURAMI DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIN SUMSEL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI HERLAN AKROM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan adat Semende Tunggu Tubang sudah sering dilupakan oleh masyarakat Semende seiring dengan perkembangan zaman padahal kepemimpinan adat Semende Tunggu Tubang ialah kearipan lokal suatu suku yang dapat menjadi pegangan suatu suku yang dianggap sebuah kebaikan, namun ini sudah tergerus oleh perkembangan zaman maka atas dasar inilah penulis mengangkat judul “Kepemimpinan Adat Semende Tunggu Tubang Dalam Meningkatkan Silaturahmi Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim Sumsel”. Kepemimpinan dalam adat Semende disebut dengan Meraje yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan tali silatuhrahmi pada Tunggu Tubang. Kepemimpinan merupakan suatu amanah yang diberikan untuk membimbing anggotanya kepada hal-hal kebaikan. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah penelitian yakni bagaimana kepemipinan adat Semende Tunggu Tubang dalam meningkatkan silaturahmi di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim Sumsel dan bagaimana hak dan kewajiban serta sifat yang harus dimiliki sebagai Tunggu Tubang. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan adat Semende Tunggu Tubang dalam meningkatkan silaturahmi di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim Sumsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik interview, observasi dan dokumentasi. Data primer atau utama di peroleh dengan wawancara dengan tokoh adat Semende, sedangkan data skunder di peroleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Temuan dari hasil penelitian ini dalam kepemimpinan adat Semende Meraje adalah pemimpin keluarga atau Jurai dalam masyarakat adat Semende yang memiliki hak dan kewajiban tertentu. Dan Tunggu Tubang sebagai pelaksana adat yang bertugas menjaga dan mengurus harta pusaka keluarga, juga memiliki hak-hak dan kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:39
Last Modified: 10 Dec 2020 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item