KOMUNIKASI DAKWAH PERSUASIF DALAM MEMBINA AKHLAK MANTAN PENGGUNA NARKOBA DI YAYASAN SINAR JATI BANDAR LAMPUNG

AYU SAFITRI, SAF (2020) KOMUNIKASI DAKWAH PERSUASIF DALAM MEMBINA AKHLAK MANTAN PENGGUNA NARKOBA DI YAYASAN SINAR JATI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of AYU SAFITRI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of AYU SAFITRI  SKRIPSI BAB 1,2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Komunikasi dakwah persuasive merupakan proses penyampaian pesan atau informasi Islam yakni Al-Qur’an dan Hadist yang disampaikan oleh komunikator atau dai dengan mempengaruhi, membujuk, atau meyakinkan psikologis seorang komunikan (mad’u) yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran, mengubah sikap, pendapat, dan perilaku seseorang untuk menerima dan melaksanakan sesuai ajaran Islam. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana komunikasi dakwah persuasif dalam membina akhlak mantan pengguna narkoba di Yayasan Sinar Jati Bandar Lampung dan apa faktor penghambat dalam membina mantan pengguna narkoba di Yayasan Sinar Jati Bandar Lampung sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi dakwah persuasif dalam membina akhlak mantan pengguna narkoba di Yayasan Sinar Jati Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor penghambat komunikasi dakwah persuasif dalam membina akhlak mantanp engguna narkoba di Yayasan Sinar Jati Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian iniadalah 52 orang mantan pengguna narkoba. Teknik dalam pengambilan sample adalah menggunakan purposive sampling yakni dengan ciri-ciri sehingga penulis mendapatkan sample berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 2 orang pengurus atau petugas Yayasan Sinar Jati Bandar Lampung dan 6 orang mantan pengguna narkoba. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan tahap penggumpulan data, data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Komunikasi Dakwah Persuasif dalam membina akhlak mantan pengguna narkoba dengan menggunakan proses komunikasi dengan model timbal balik dan umpan balik, sedangkan dengan proses komunikasi dakwah persuasif para petugas menggunakan teknik red herring, teknik pay of idea, dan teknik fear arousing dan faktor penghambat komunikasi dakwah persuasif dalam membina akhlak mantan pengguna narkoba yakni: faktor motivasi, faktor prejudice, faktor simentik dan tidaknya pembimbing untuk wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:36
Last Modified: 10 Dec 2020 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item