PENERAPAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS PADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A BANDAR LMPUNG)

EVA ANITA SARI, SAR (2020) PENERAPAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS PADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A BANDAR LMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EVA ANITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Warga binaan pemasyarakatan yang berada di LAPAS Perempuan kelas II A Bandar Lampung dengan kasus pembunuhan dan narkoba ada dua orang yang mempunyai rasa kepercayaan diri yang rendah akibat masalah kehidupan yang ia jalani. Dua orang tersebut mengalami rasa ketidakpercayaan diri diakibatkan ia memiliki pemikiran yang irrasional terhadap dirinya dan merasa bersalah serta gagal menjadi contoh yang baik bagi keluarganya. Hal tersebut yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti bagaimana penerapan konseling individual kepada warga binaan pemasyarakatan untuk meningkatkan rasa percaya diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konseling individual kepada warga binaan pemasyarakatan dalam meningkatkan rasa percaya diri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif model studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh lalu dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan konseling individual yang digunakan adalah dengan menggunakan teori Behavior dan metode yang digunakan adalah modifikasi perilaku, asas yang digunakan yaitu asas kerahasiaan, asas keterbukaan, asas kesukarelaan, asas kemandirian, asas kenormatifan, dan asas kekinian. serta teknik yang digunakan adalah pengondisisal operan serta teknik konseling lainnya seperti teknik attending, refleksi, mendengarkan, eksplorasi, paraphrasing, teknik bertanya, dorongan, mengarahkan, dan merencanakan. Hasil dari pelayanan konseling individual diantaranya ialah : mampu merubah perilaku, mampu mengatasi rasa kecemasan, berfikir positif, dan mampu mengatasi perasaan tertekan, kecewa, dan rasa ketidak mampuan yang menghinggapinya. Jadi dalam penerapan konseling individual yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung mampu meningkatkan rasa percaya diri warga binaan pemasyarakatan yang asa rendah diri terhadap dirinya, dan diharapkan untuk kedepannya pihak LAPAS dapat mempertahankan kerja samanya dengan BNN serta membangun kerja sama dengan instansi-isntansi lain yang mempunyai tingkat keprofesionalan dakam bidang layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:17
Last Modified: 10 Dec 2020 05:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item