PERSEPSI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DI JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

NURUL HUSNA AFRILIA, AFR (2020) PERSEPSI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DI JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NURUL HUSNA AFRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1, 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini mengenai Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Bahasa Inggris di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam penggunaan bahasa Inggris di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan akademik 2017/2018 terdiri 7 kelas yang berjumlah 250 mahasiswa, Teknik dalam pengambilan sampel adalah menggunakan sample acak sederhana (simple random sampling). Pelaksanaan sample random sampling disebabkan anggota populasi penelitian ini dianggap homogen karena samplenya adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam yang berada di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebanyak 10 orang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan persepsi mahasiswa dalam penggunaan bahasa Inggris menunjukkan persepsi yang cukup baik yaitu diharapkan sebanyak/sesering mungkin oleh dosen dalam pembelajaran. Antara dosen satu dan lainnya memiliki frekuensi penggunaan yang berbeda tergantung dari kemampuan berbahasa Inggris masing-masing dosen. Dalam penggunaan bahasa Inggris pada matakuliah bahasa Inggris mahasiswa memiliki persepsi yang cukup baik karena dosen telah memberikan pembelajaran aktif dengan memberikan materi sesuai dengan latar belakang mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yaitu bahasa Inggris I penekanan kemampuan diajarkan dalam materi dasar yaitu English For Grammar, bahasa Inggris II indikator kemampuan mahasiswa yaitu mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam dapat mampu berkomunikasi bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif dan bahasa Inggris III indikator kemampuan mahasiswa diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif baik secara lisan maupun tulisan dan untuk mengukur tingkat keberhasilan mahasiswa dosen pengampu matakuliah bahasa Inggris III juga memberikan materi mengenai TOEFL. Berdasarkan hasil penelitian penulis dengan adanya penggunaan bahasa Inggris di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam menunjukkan persepsi mahasiswa yang cukup baik baik penggunaan bahasa itu sendiri dalam mengasah keterampilan mereka ataupun manfaat yang mereka rasakan dalam penggunaan bahasa Inggris itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:13
Last Modified: 10 Dec 2020 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item