METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUSTHOFA KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Pini Marlinda, MAR (2020) METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUSTHOFA KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PINI MARLINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PINI MARLINDA FD101220.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

Akhlak menempati posisi yang penting dalam ajaran Islam. Oleh karena itu, seorang muslim mempunyai kewajiban untuk membina akhlak sesuai dengan ajaran Islam yang dicontohkan oleh Rasullallah SAW. Permasalahan akhlak semakin hari semakin menunjukan peningkatan dimana masalah akhlak menjadi hal yang paling banyak dihadapi saat ini seperti pelanggaran baik yang kecil hingga yang besar, hal ini terdapat juga pada santri di Pondok Pesantren Sabilul Musthofa yaitu masih terdapat pelanggaran berupa prilaku buruk yang kerap dilakukan oleh santri, sehingga pondok pesantren menerapkan metode bimbingan agama Islam dalam rangka mengatasi dan mencegah santri yang berprilaku buruk sehingga menjadi santri yang berakhlaqul karimah. Bimbingan agama Islam adalah sebagai proses pemebrian bantuan terhadap individu agar dalam kehidupan keagamaannya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana metode yang digunakan dalam bimbingan agama Islam untuk membina akhlak santri di Pondok Pesantren Sabilul Musthofa Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan metode apa saja yang digunakan dalam bimbingan agama Islam untuk membina akhlak santri di Pondok Pesantren Sabilul Musthofa Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis pendekatan deskripif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam bimbingan agama Islam untuk membina akhlak santri di Pondok Pesantren Sabilul Musthofa Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan yaitu menggunakan metode nasehat dilakukan secara individu, metode ceramah dilakukan secara kelompok, memberikan contoh keteladanan, metode latihan dan pembiasaan kepada santri, metode cerita serta metode ganjaran dan hukuman. Dalam pelaksanaannya, santri dituntut untuk menjalankan ajaran Islam dan berprilaku baik sesuai ajaran agama Islam. Dalam proses berjalannya bimbingan agama Islam dan penerapan metode ini, santri yang kerap melakukan pebuatan tercela dan melanggar peraturan pondok pesantren mengalami serta menunjukan perubahan, lebih memahami tentang ajaran Islam dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:03
Last Modified: 10 Dec 2020 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item