MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TK NEGERI PEMBINA ULUDANAU SUMATERA SELATAN

WELLA, ARISTA (2020) MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TK NEGERI PEMBINA ULUDANAU SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Judul - BAB 2 & Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Metode proyek adalah metode yang digunakan untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. perkembangan kecerdasan emosional sebagai bentuk kemampuan seorang anak dalam melakukan hubungan bermasyarakat. Penggunaan metode proyek dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dirasa sangat tepat, karena metode proyek menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak melalui metode proyek khususnya dengan mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini menggunakan metode proyek di Tk Negeri Pembina Uludanau Sumatera Selatan?”. Penelitian ini dijalankan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru dan 12 anak didik di kelas B1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak melalui metode proyek bukan hanya menyediakan alat atau bahan yang menarik tetapi memberikan arahan dan contoh dalam melakukan kegiatan proyek. Melalui metode proyek anak dapat membangun rasa kerjasama dengan kelompoknya, melatih rasa percaya diri anak, serta meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional anak. Dalam hal ini yang pertama kali guru lakukan dalam melaksanakan kegiatan proyek yaitu (1)Menetapkan tujuan dan tema kegiatan proyek, (2)Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, (3)Mengelompokkan anak menjadi beberapa kelompok, (4)Mengatur langkahlangkah kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, (5)Menetapkan rancangan penilaian kegiatan. Kata Kunci : Perkembangan kecerdasan Emosional, Metode Proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:10
Last Modified: 08 Dec 2020 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item View Item