PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBER JAYA LAMPUNG BARAT

TIARA, FITRIA (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBER JAYA LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIARA FITRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kebiasaan belajar siswa merupakan suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, berupa kebiasaan belajar di sekolah maupun di rumah. Kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa berbeda-beda. Dengan kata lain, kebiasaan belajar merupakan cara-cara belajar yang berhubungan positif dengan hasil belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar siswa maka akan semakin baik juga nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha atau bimbingan dan asuhan terhadap anak didik untuk memahami apa yang terkandung di dalam islam secara menyeluruh, menghayati makna dan maksud serta tujuannya dan pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan ajaran agama islam sebagai pandangan dan pedoman dalam menjalankan kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMPN 1 Sumberjaya Lampung Barat yang berjumlah 105 siswa dengan jumlah sampel 84 siswa. Tekhnik Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampel dengan proportionate stratified random sampling. Metode pengupulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji linieritas, uji analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh data = 4, 916 dengan signifikansi = 0,05 dan = 1,989. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa > (9,519 > 1,989) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sejumlah 52,8%. Hal ini dapat diartikan bahwa 52,8% hasil belajar Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh kebiasaan belajar, sedangkan 47,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kebiasaan belajar. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:03
Last Modified: 08 Dec 2020 06:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item