KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 LIWA

ERA, SAPITRI (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 LIWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERA SAPITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Guru adalah agen pembelajaran yang memiliki fungsi yang sangat urgent dalam dunia pendidikan. Guru dituntut sebagai profesional person dalam “Transfer Knowledge” pembelajaran di sekolah. Guru diharapkan dapat menciptakan suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar meningkatkan motivasi inkuiri siswa, serta berperan sebagai uswatun hasnah dalam membentuk kepribadian siswa. Hal ini menjadi menarik dan merupakan tantangan bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kemampuan profesionalitas mampu menciptakan pembelajaran yang menantang, mengairahkan dan menyenangkan. Guru yang kreatif profesional dan menyenangkan menjadi aset berharga bagi bangsa dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif sehingga mampu menciptakan anak didik yang berkualitas intelektualnya dan nilai ketaqwaannya kepada Allah SWT. Kompetensi profesional guru merupakan hal penting untuk dikembangkan dan diamati penulis sebagai usaha untuk melihat lebih jauh bagaimana perkembangan profesionalitas guru khususnya guru PAI yang sudah bersertifikat pendidik ataupun belum bersertifikasi dalam meningkatakan kualiats pembelajaran. Penulis menggunakan pendekatakatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, fenomena, persitiwa, aktifitas sosial, sikap kepercayaan dan persepsi pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi data penelitian untuk menemukan prinsip dan penjelasan pada kesimpulan. Kehadiaran peneliti adalah sebagai pengamat secara penuh, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan tiga yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keiuksertaan, ketekunan,pengamatan dan tringulasi. Adapun tahap penelitan yang peniliti gunakan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian yang penulis ambil dari kesimpulan sebagai berikut, guru yang belum dan sudah bersetifikat pendidik di SMK Negeri 1 Liwa sudah memenuhi kriteria guru yang profesonal dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Terlihat dari penguasaan materi beliau menguasai materi pelajaran yang diampu dengan cara banyak membaca memahami bahkan untuk meningkatkan kematangan memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar sekolah mengadakan workhsop yakni MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dengan membentuk team sesuai mata pelajaran yang diampu di dalam ini sharing antar guru terjadi jadi bisa berbagi pengalaman dengan guru yang berlum bersertfikat pendidik. Tidak hanya dari segi penguasaan materi tetapi juga terlihat dari keterampilan guru dalam mengajar, penggunaan media, metode, sumber belajar bahkan suasana pembelajaran yang kondusif mampu mengairahkan semangat dan memotivasi siswa dalam belajar meskipun saat ini pemblajaran daring online. Kata Kunci, Kompetensi, Profesional, Guru PAI, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:58
Last Modified: 08 Dec 2020 05:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item