PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT PADA MATERI BIOLOGI

DEWI, NURHAYATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT PADA MATERI BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWI NURHAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD PADA MATERI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MNEMONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK Oleh Dewi Nurhayati ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar dan daya ingat peserta didik dan Halini disebabkan karena proses pembelajaran yang belum menggunakan model maupun strategi yang menekankan terhadap motivasi belajar dan daya ingat peserta didik serta proses pembelajaran nya masih menggunakan model pembelajaran langsung yang masih terfokus pada guru ( teacher centered) dan belum berpusat pada peserta didik ( student centered), sehingga di butuhkan inovasi baru dalam proses pembelajaran Biologi untuk meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran INSTAD pada materi biologi dengan menggunakan strategi mnemonik terhadap motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran INSTAD pada materi biologi dengan menggunakan strategi mnemonik terhadap daya ingat peserta didik. Hasil analisis data uji Multivariate Test nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak H1 diterima. Hasil uji Test Of Between Subject Effects pada nilai daya ingat memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan Fhitung=0,766. Pada motivasi belajar memperoleh nilai sig. 0.000 < 0,05 dengan Fhitung=0,107. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran INTAD dengan strategi mnemonik terhadap motivasi belajar dan daya ingat di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Kata kunci : INSTAD, Mnemonik, Motivasi belajar dan Daya ingat Peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:35
Last Modified: 08 Dec 2020 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item