PENGARUH MANAJEMEN RISIKO DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KEBIJAKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( Studi Pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Kalianda Lampung Selatan )

Intan, Maulida Sari (2020) PENGARUH MANAJEMEN RISIKO DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KEBIJAKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( Studi Pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Kalianda Lampung Selatan ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia perbankan manajemen resiko sangatlah diperlukan karena bank berada dalam bisnis beresiko tinggi, dimana bank dalam menjalankan usahanya melakukan penawaran jasa-jasa keuangan, bank juga harus mengambil atau menerima dan mengelola berbagai jenis risiko keuangan secara efektif agar dampak negatifnya tidak terjadi. Oleh karena itu, agar terciptanya kondisi bank yang sehat dan baik maka perlu diterapkan manajemen resiko dengan melakukan audit yang dilaksanakan oleh auditor internal. Pada bank syariah mandiri cabang kalianda di tahun 2016-2019 mengalami peningkatan pembiayaan setiap tahunya. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa manajemen resiko dan audit internal sangatlah diperlukan maka yang menjadi permasalahan dalam hal ini apakah bank syariah mandiri cabang kalianda ini telah melakukan audit internal dan manajemen resiko sesuai peraturan perbankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah manajemen risiko berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pemberian pembiayaan?, Apakah audit internal berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pemberian pembiayaan?, dan Apakah manajemen risiko dan audit internal berpengaruh terhadap kebijakan pemberian pembiayaan? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh manajemen risiko dan audit internal terhadap kebijakan pemberian pembiayaan di Bank Syarian Mandiri KCP Kalianda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dеskrіptіf dеngаn pеndеkаtаn kuаntіtаtіf dalam bentuk penyebaran kuesioner yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri KCP.Kalianda dengan responden direktur, manajer dan staf bagian pembiayaan yang bekerja pada Bank Syariah Mandiri KCP Kalianda. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 16 responden. Penganalisisan data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian pada analisis regresi berganda, uji parsial (t tes) mengindikasikan bahwa hanya variabel audit internal yang berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kebijakan pemberian pembiayaan sedangkan variabel manajemen resiko dan konstanta tidak berpengaruh terhadap variabel kebijakan pemberian pembiayaan. sedangkan secara uji simultan (f tes) menunjukan bahwa Pengaruh manajemen risiko dan audit internal terhadap pemberian pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri KCP Kalianda memiliki hubungan yang kuat dengan korelasi parsial. Nilai korelasi positif menunjukan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah, artinya semakin baik manajemen risiko dan audit internal maka akan menghasilkan pemberian pembiayaan yang efektif. Sedangkan hasil lainnya merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci :Penerapan Manajemen Risiko, Audit Internal, Kebijakan Pemberian Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:23
Last Modified: 08 Dec 2020 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item