STRATEGI DAN GAYA KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD DAN USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE SERTA EFEKNYA TERHADAP PUBLIK

NURUL MUZAYYANA, MUZ (2020) STRATEGI DAN GAYA KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD DAN USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE SERTA EFEKNYA TERHADAP PUBLIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat merupakan mubaligh atau pendakwah Indonesia yang memiliki popularitas tinggi di kalangan masyarakat. Meskipun nama mereka tidak terdaftar dalam 200 mubalig rekomendasi Kemenag (Kementrian Agama), tetapi mereka tetap digemari masyarakat disebabkan mereka aktif berdakwah di media sosial salah satunya di youtube. Dengan maraknya fenomena berdakwah di media sosial, membuat ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat pun ikut melebarkan perjuangan dakwahnya melalui media sosial salah satunya pada media youtube karena dianggap sebagai media yang efektif untuk beradakwah di zaman serba teknologi seperti sekarang. Dalam berdakwah khususnya di media youtube, ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat memiliki strategi dan gaya komunikasinya masing-masing yang dapat membuat masyarakat mengagumi dan menyukai dakwah mereka. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan gaya komunikasi dakwah yang digunakan ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat serta mengetahui perbedaan keduanya dan efek yang timbul bagi para penonton video dakwahnya di youtube channel masing-masing ustadz. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis analisis deskriptif yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas. Metode yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan observasi dengan dua jenis data, yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari beberapa video dakwah yang ada di channel youtube ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Tulisa-tulisan yang berkaitan dengan strategi dan gaya komunikasi dakwah kedua ustadz tersebut. hasil temuan dilapangan menyatakan bahwa ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat berdakwah dengan menyertakan ayat-ayat Allah swt. maupun hadits Nabi SAW. mereka juga sering mengadakan kajian yang membahas kitab maupun tafsir. Ustadz Abdu Somad lebih banyak menggunakan lelucon dan humor sedangkan ustadz Adi Hidayat lebih banyak berdakwah dengan menganalisis isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat. Dalam berdakwah di youtube juga ustadz Abdul Somad terlihat tegas dan bijak sedangkan ustadz Adi Hidayat lebih terlihhat tenang dan ramah. Dengan strategi dan gaya komunikasi yang dibawakan kedua ustadz tersebut, menyebabkan banyak masyarakat melihat video dakwah mereka sehingga banyak masyarakat yang mulanya tidak tahu menjadi tahu dengan apa yang disampaikan kedua ustadz tersebut. bahkan banyak masyarakat yang mengungkapkan keinginan mereka untuk mengikuti apa yang disampaikan ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat dalam dakwahnya di youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:23
Last Modified: 08 Dec 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item