Cindy, Fighter Mahda (2020) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LEARNING STYLE TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LEARNING STYLE TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh: Cindy Fighter Mahda Minat belajar adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menuruh. Permasalahan minat belajar pada 8 mahasiswa di Prodi BKPI UIN Raden Intan Lampung adalah dari adanya perasaan senang terhadap belajar ada 3 mahasiswa, adanya keinginan yang tinggi terhadap penguasaan dan keterbatasan dengan kegiatan belajar ada 3 Mahasiswa, adanya perasaan tertarik yang tinggi terhadap belajar ada 8 Mahasiswa, adanya kesadaran sebagai subjek pendidikan dan sadar akan kebutuhan terhadap belajar ada 3 Mahasiswa, dan mengetahui tujuan belajar 0 Mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara self regulated learning dan learning style untuk dapat meningkatan minat belajar mahasiawa/I UIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode asosiatif yaitu penelitian yang mencari hubungan sebeb akibat antara satu variable independen dengan variable dependen dengan menggunakan hipotesis dilakukan menggunakan perhitungan statistic untuk menguji variable (X) terhadap variable (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self regulated learning dan learning style masing- masing berpengaruh untuk peningkatan minat belajar mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Dilihat dari analisis data dan pengolahan data yang di peroleh berdasarkan hasil regresi linier berganda: Nilai constant adalah 41,522; Nilai koefisien regresi self regulated learning adalah 0,109; Nilai koefisien regresi learning style adalah 0,232 artinya masing masing berpengaruh terhadap minat belajar. Hasil uji t dipeoleh yaitu dari signifikan self regulated learning (X1) 0,164 > 0,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,411 < 2,00172), maka H0 ditolak, dan dari signifikan learning style (X2) 0,011 < 0,05. nilai ttabel = t (α2; n-k-l = t (0,05/2; 61-2- 1) = (0,025,58) = 2,00172, maka H2 diterima. Hasil uji F, nilai Fhitung > Ftabel atau 8,100 > 3,15, dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 maka Ha diterima. Kata Kunci: self regulated learning, learning style, minat belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 05:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 05:45 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12526 |
Actions (login required)
View Item |