PENGARUH MINAT BERWIRAUSAHA DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2016)

Rika, Septiana Putri (2020) PENGARUH MINAT BERWIRAUSAHA DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2016). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dan dapus.pdf] PDF
Download (780kB)
[thumbnail of Skripsi Rika Septiana Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesiapan berwirausaha adalah keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk melakukan (pekerjaan) secara fisik, mental, pengetahuan maupun dengan keterampilan dalam kegiatan berwirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah minat berwirausaha dan self efficacy berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2016? Apakah minat berwirausaha dan self efficacy berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2016? Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang Minat Berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh minat berwirausaha dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 secara parsial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Untuk mengetahui pengaruh minat berwirausaha dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 secara simultan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Serta mengetahui pandangan Ekonomi Islam tentang minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 584 Mahasiswa dan sampel sebanyak 85 Responden dengan menggunakan Rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan-bantuan software SPSS 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: secara parsial minat berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 dengan nilai signifikan sebesar 0,002, self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 dengan nilai signifikan sebesar 0,002. Secara simultan minat berwirausaha dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0. Minat berwirausaha ditinjau dari perspektif ekonomi Islam yaitu bahwa konsep berwirausaha harus berdasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi Islam sesuai dengan Qs. Al-Qashash: 77 tentang keseimbangan antara dunia dan akhirat. Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Self Efficacy, Kesiapan Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:10
Last Modified: 07 Dec 2020 05:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item