PENERAPAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI ZOOM PADA MATA PELAJARAN PAI DIMASA PANDEMIC COVID-19 (Studi SMA YADIKA Bandar Lampung)

SYAFRI, KURNIAWAN (2020) PENERAPAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI ZOOM PADA MATA PELAJARAN PAI DIMASA PANDEMIC COVID-19 (Studi SMA YADIKA Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAFRI KURNIAWAN .pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAFRI KURNIAWAN .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Syafri Kurniawan Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap orang. Dimana pendidikan itu merupakan segala bentuk usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mempersiapkan generasi-generasi penerusnya. Akan tetapi dewasa ini kita sama-sama dihadapkan dengan sebuah permasalahan besar yang disebabkan karna mewabahnya virus covid-19 sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya permasalahan didunia pendidikan dimana proses pembelajaran yang semestinya dilaksanakan secara langsung didalam kelas kini belum dapat dilaksanakan sebagaimana biasanya. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut maka diterapkanlah pembelajaran daring/ online atau yang dikenal dengan sebutan e-learning. E-learning merupakan segala bentuk kegiatan pelatihan atau pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan dalam bentuk sekolah maya. Dalam peroses penerapannya, penulis mendapati penerapan e-learning melalui aplikasi zoom pada mata pelajaran PAI di SMA YADIKA Bandar lampung. Kemudian pula terdapat kendala-kendala yang menjadi penghambat dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan e-learning melalui aplikasi zoom pada mata pelajaran PAI di SMA YADIKA Bandar lampung pada masa pandemic covid-19 serta mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam proses penerapannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Dimana wakakurikulum, pendidik dan peserta didik sebagai sumber primernya dan dokumentasi sekolah sebagai sumber skundernya. Kemudian tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil temuan penelitian tentang penerapan e-learning melalui aplikasi zoom pada mata pelajaran PAI di SMA YADIKA Bandar lampung pada masa pandemic covid-19 adalah mengacu kepada teori-teori tentang e-learning maka penerapan e-learning melalui aplikasi zoom pada mata pelajaran PAI di SMA YADIKA Bandar lampung telah berhasil diterapkan dengan baik. Dimana dalam hal ini e-learning yang telah diterapkan merupakan e-learning jenis synchronous training yaitu e-learning yang dilaksanakan pada waktu bersamaan, dan e-learning yang diterapkan bersifat dinamis serta berfungsi sebagai subtitusion atau pengganti. Dalam proses penerapannya terdapat beberapa kendala, kendala tersebut antara lain dalam hal kedisiplinan, gangguan tekhnis dan juga jaringan internet. Kata kunci: penerapan e-learning melalui aplikasi zoom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2020 03:12
Last Modified: 07 Dec 2020 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item View Item