FUNGSI MANAJEMEN DALAM KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAT GERNING KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN

LABIBAH NURHASANAH, NUR (2020) FUNGSI MANAJEMEN DALAM KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAT GERNING KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SEKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi perkembangan organisasi. Fungsi-fungsi manajemen tidak akan dapat di realisasikan sebelum dilakukan suatu proses pengambilan keputusan. Karena setiap kegiatan membutuhkan tindakan-tindakan yang paling efektif dari beberapa alternative yang ada untuk mencapai tujuan. Di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning perlu manajemen yang baik dalam setiap kegiatan yang akan diselenggarakan. Peneliti mengadakan penelitian mengenai fungsi manajemen (khususnya fungsi actuating) dalam pelaksanaan kegiatan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, dengan rumusan penilitian yaitu bagaimana Fungsi Pelaksanaan (actuacting) dalam kegiatan tahfidz AL-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Fungsi Mnajemen (khususnya fungsi actuating) dalam pelaksanaan kegiatan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning Kecamatan Tegineneng Kabupaten pesawaran. Ada pun manfaat penelitian ini adalah Penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam mengembangkan keilmuan Manajemen Dakwah terkait dengan pengelolaan lembaga dakwah dalam mencetak generasi muda yang Qur’ani, dan Dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi penulis dan mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, Ada pun Populasi dan Sampel pada penelitian ini yaitu, Populasi sebanyak 650 orang dan Sampel sebanyak 9 orang Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah latar belakang berdirinya yayasan pondok pesantren Al-hidayat yang di latar belakangi oleh adanya keinginan KH. Ahmad Abrori Akwan (Pendiri) bersama masyarakat desa gerning dan sekitarnya untuk mengerjakan pendidikan agama bagi anak-anak dan tepat pengajian ilmu agama bagi seluruh masyarakat, serta adanya keprihatinan akan akhlak dan moral generasi muda yang semakin luntur dalam arus globlalisasi, kemudian dalam pelaksanaan kegiatan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hidayat menggunakan beberapa metode yaitu, metode wahdah, metode sima’I, metode talaqi, dan metode tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:05
Last Modified: 02 Dec 2020 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item