GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN BAITUL KIROM DESA MULYOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN

EKA RUSMIANA, RUS (2020) GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN BAITUL KIROM DESA MULYOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

Pondok Pesantren Baitul Kirom merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang eksistensinya diharapkan mampu membentuk SDM yang berkualitas. Terkait msalah pengembangan SDM mudir sebagai pimpinan pusat melakukan upaya-upaya agar dapat mengarahkan SDM dengan baik, upaya tersebut diaktualisasi melalui gaya, sikap atau perilaku kepemimpinan. Dalam temuan awal, peneliti melihat bahwa santri pada umumnya melaksanakan kegiatan belajar hanya selama sekolah berlangsung, akan tetapi dengan adanya gaya kepemimpinan, santri yang bermukim di Pondok Pesantren Baitul Kirom tetap melaksanakan kegiatan belajar meski jam sekolah telah berakhir. Untuk mendapatkan data tentang gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pimpinan Pondok Pesantren Baitul kirom dalam mengembangkan SDM yang ada, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif sehingga diperoleh 11 orang responden sebagai sampel, pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling dalam teknik pengambilan sampelnya. Populasi penelitian adalah pengurus Pondok Pesantren Baitul Kirom, penelitian ini jika dilihat dari objeknya adalah penelitian lapangan, sedangkan alat pengumpulan data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis kualitatif yaitu analisa data yang dilakukan terbatas pada teknik pengolahan datanya, kemudian melakukan uraian dan penafsiran sehingga dapat ditarik kesimpulannya. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukan bahwa sumber daya manusia di Pondok Pesantren Baitul Kirom mengalami perkembangan dari segi intelektual dan moral setelah ditopang dengan adanya gaya kepemimpinan di Pondok Pesantren Baitul Kirom tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bagwa gaya kepemimpinan pimpinan Pondok Pesantren Baitul Kirom lebih mengarahkan pada gaya kepemimpinan delegatif. Dengan gaya tersebutlah upaya pengembangan sumber daya pengurus dan santri dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:37
Last Modified: 02 Dec 2020 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item