JUAL BELI BARANG CUCI GUDANG DENGAN SISTEM RANDOM DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi pada Online Shop Ladyfame di aplikasi shopee)

Yola, Aris Munandar (2020) JUAL BELI BARANG CUCI GUDANG DENGAN SISTEM RANDOM DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi pada Online Shop Ladyfame di aplikasi shopee). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi dari faktor banyaknya masyarakat yang memilih belanja di Ladyfame dikarenakan barang-barangnya cukup bagus dan berkualitas dengan harga yang terjangkau di kantong masyarakat menengah ke bawah. Dengan banyaknya minat masyarakat untuk belanja di Ladyfame, maka Ladyfame memutuskan untuk melakukan diskon all item hanya Rp. 50.000,- dan di H-5 lebaran mereka melakukan promo paket lebaran Rp. 200.000,- dapet 4 item barang dengan cara Jual beli barang cuci gudang dengan sistem random. Namun masyarakat terkadang kecewa karena mendapatkan barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli barang cuci gudang sistem random pada Ladyfame Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktek jual beli barang cuci gudang sistem random tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui praktik jual beli barang cuci gudang sistem random pada Ladyfame Bandar Lampung dan untuk mengetahui jual beli barang cuci gudang sistem random dalam tinjauan Hukum Islam pada Ladyfame Bandar Lampung Jenis penelitian termasuk penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang di ambil dari sejumlah responden yang terdiri dari pihak distributor dan konsumen. Untuk mendapatkan data yang valid penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder dapat dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang ada terdapat pada perpustakaan. Hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa jual beli barang cuci gudang sistem random di Ladyfame Bandar Lampung, praktiknya membuat promosi cuci gudang dengan tema paket lebaran Ladyfame dengan harga Rp.200.000,- dapat 4 items baju seperti tunic, dress, outer, cullote, blazer, jacket, dan lain-lainnya. Dengan cara sistem random seperti inilah konsumen tidak bisa memilih barang yang mana saja atau warna apa saja yang sesuai dengan ke inginan. Tinjauan hukum Islam praktek jual beli ini bertentangan dengan Hukum Islam, karena dalam sistem transakasi jual beli hendaknya harus disertai perasaan suka sama suka, tidak ada unsur paksaan. Tetapi dalam kasus Jual Beli Barang Cuci gudang ini tidak memenuhi syarat terkait dengan barang yang di perjualbelikan, yang dimana harus jelas sifat, ukuran dan jenisnya. Yang pada akhirnya menyebabkan kemubaziran dan konsumen merasa kecewa, karna ketidakjelasan produk yang dijual karena konsumen tidak bisa memilih dan melihat barang tersebut pada saat transaksi jual beli berlangsung karena ketentuan dari pihak Ladyfame.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:29
Last Modified: 02 Dec 2020 01:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item