PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (FLIPPED CLASSROOM DAN DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

LUTFIATUL, KHOFIFAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (FLIPPED CLASSROOM DAN DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumber Jaya, hal ini ditunjukan oleh nilai ulangan harian peserta didik pada materi fungsi eksponensial. Peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (nilai 72) sebanyak 13 dari 93 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Sumber Jaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Model Flipped Classroom, Model Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:15
Last Modified: 02 Dec 2020 01:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item