PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN GROUP SCIENCE LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

SONIA, HENDRIANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN GROUP SCIENCE LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& 2.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SONIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah merupakan tujuan umum dari pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumber Jaya bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data nilai ulangan harian kelas VIII pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan nilai < 70 yaitu 194 dari 223 peserta didik. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti terdorong untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (Guided Discovery Learning dan Group Science Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivatriate Analysis of Variance (Manova) dan uji komparasi ganda (uji tukey). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Manova, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran (Guided Discovery Learning dan Group Science Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, terdapat pengaruh model pembelajaran (Guided Discovery Learning dan Group Science Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan terdapat pengaruh model pembelajaran (Guided Discovery Learning dan Group Science Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil dari perhitungan Uji komparasi ganda (uji tukey), diperoleh kesimpulan bahwa secara berurutan model pembelajaran yang paling baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis adalah Group Science Learning, Guided Discovery Learning, kemudian model direct instruction. Kata Kunci : Model Guided Discovery Learning, Model Group Science Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:50
Last Modified: 01 Dec 2020 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item