IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

INDAH, PURWATI (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk merencanakan, mengorganisasi, mengaktualisasi, dan melaksanakan pengawasan program kegiatan yang ada di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran dapat tersusun secara sistematis, efektif dan efisien. Kegiatan manajemen kelas pada hakikatnya adalah proses mengatur dan mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik, semua komponen pengajaran yang meliputi tujuan, bahan ajar, kegiatan belajar mengajar, metode alat dan sumber belajar, serta evaluasi diperankan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk memuat sebuah penelitian yang berjudul “Implementasi Manajemen Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 2 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dan apa saja permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Matematika di SD Negeri 2 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan oleh pendidik Matematika kelas V di SD Negeri 2 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendikatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah diuji validitas nya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yang berupa kata-kata atau tulisan dari objek yang kita teliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 2 Trimulyo menggunakan indicator pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas, peneliti menarik kesimpulan bahwa implementasi manajemen kelas kelas V sudah berjalan sesuai dengan tujuan sekolah,namun perlu di tingkatkan pada pengaturan pencahayaan dengan memberikan bantuan pencahayaan berupa lampu yang terang agar dapat membantu proses pembelajaran pada saat cuaca di luar kelas tidak mendukung. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:22
Last Modified: 27 Nov 2020 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item View Item