STRATEGI REKRUTMEN KADER DA’I PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS (UKM-F) RUMAH DA’I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Dwicahyani, Fitria (2017) STRATEGI REKRUTMEN KADER DA’I PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS (UKM-F) RUMAH DA’I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sangat penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan visi dan misi yang telah dibuat oleh organisasi guna mewujudkan tujuan dari organisasi. Salah satu cara dalam mencari sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu melalui sistem rekrutmen. Rekrutmen merupakan proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Rumah Da’i merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) yang berkecimbung dibidang Dakwah. Tujuan dari UKM-F Rumah Da’i ini adalah untuk menciptakan kader-kader Da’i yang profesional. Da’i itu sendiri berarti orang yang melaksanakan dakwah baik lisan, tulisan, maupun perbuatan. Baik individu maupun lewat lembaga atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi rekrutmen yang digunakan Rumah Da’i untuk menarik kader Da’i dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi saat pelaksanaan rekrutmen. Motode penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif tersebut penulis melakukan penelitian untuk menghasilkan data deskriptif terkait dengan strategi rekrutmen kader yang diterapkan oleh UKM-F Rumah Da’i. sedangkan populasi penelitian ini berjumlah 45 orang pengurus dan sampel berjumlah 7 orang pengurus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data interview dan dokumentasi. Hasil temuan penulis dilapangan diketahui bahwa Kegiatan rekrutmen dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru. Strategi rekrutmen yang digunakan Rumah Da’i untuk melaksanakan rekrutmen yaitu dengan cara mensosialisasikan kepada mahasiswa baru pada saat kuliah Ta’aruf dilaksanakan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan memanfaatkan media elektronik yang ada seperti media cetak dan media sosial. Selain strategi rekrutmen yang digunakan, temuan yang lain yang penulis dapatkan adalah mengenai kendala-kendala yang dihadapi UKM-F Rumah Da’i pada saat kegiatan rekrutmen diantaranya dikarenakan dari kebiasaan rekruternya sendiri, dan juga karna faktor dari luar yang menganggap UKM-F Rumah Da’i hanya khusus untuk mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi karena UKM ini UKM milik Fakultas bukan UKM universitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:31
Last Modified: 31 Aug 2017 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item