PENGARUH KESADARAN HALAL, ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK DAN TOILETERS (Studi Pada Wanita Muslim Indonesia)

Endang, Riyani (2020) PENGARUH KESADARAN HALAL, ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK DAN TOILETERS (Studi Pada Wanita Muslim Indonesia). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUSPUSAT.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KESADARAN HALAL, ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK DAN TOILETERS (Studi Pada Wanita Muslim Indonesia) Oleh Endang Riyani Beberapa fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah: Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di Asia Tenggara, sehingga memasarkan produk dengan menggunakan pendekatan halal digunakan oleh produsen produk kosmetik dan toileters untuk menarik minat beli konsumen mengingat konsumen muslim merupakan pasar potensial. Fenomena selanjutnya yaitu banyaknya produk kosmetik dan toileters yang menggunakan brand islam seperti kosmetik wardah, Safi, yang mencantumkan label halal serta penambahan kata “hijab” setelah nama merek sebelumnya seperti, Pantene Hijab, Sunsilk Hjab, Pixy Hijup”. Fenomena lain yang terjadi adalah banyaknya kasus kosmetik illegal, mengandung bahan kimia berbahaya dan belum terdaftar BPOM yang beredar di sekitar masyarakat, sehingga ingredients pada produk kosmetik dan toileters akan dijadikan pertimbangan oleh konsumen dan konsumen akan sebelum membeli produk kosmetik dan toileters. Berdasarkan beberapa fenomena tersebut, maka penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh kesadaran halal, islamic branding dan product ingeredients terhadap minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kesadaran halal, islamic branding dan product ingredients berpengaruh terhadap minat beli kosmetik dan toileters pada wanita muslim di Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu data yang dihasilkan berbentuk angka. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita muslim yang dengan rentang usia 18-37 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil penyebaran kuesioner melalui google form. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan tekhnik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Teknik analisis data yang diperoleh menggunkan software SPSS Statistic 22. Diantaramya analisis deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas dengan melihat uji glejser, dan analisis regresi linier berganda dengan uji koefisien determinasi (R2), uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secaraparsial variabel kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli yaitu sebesar 15,1%, variabel islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli yaitu sebesar 38,9% serta variabel product ingredients berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sebesar38,7%. Secara simultan kesadaran halal, islamic branding dan product ingredients memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 52.7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:04
Last Modified: 27 Nov 2020 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item