BANK SAMPAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT ISLAMDESA JATI INDAH KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

AHMAD AMRI, AMR (2020) BANK SAMPAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT ISLAMDESA JATI INDAH KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Salah satu terobosan besar dalam pengelolahan sampah di Indonesia adalah program bank sampah. Melalui program ini, paradigma yang terbentuk di dalam pikiran masyarakat bahwa sampah adalah suatu yang tidak berguna dan dibuang begitu saja, diubah menjadi suatu yang memiliki nilai harga. Melalui bank sampah masyarakat bisa bekerja sama, bisa menabung sampah, dan kemudian dalam kurun waktu tertuntu bisa menghasilkan uang. Bank sampah yang ada di Desa Jati Indah sudah berdiri selama 3 tahun sebagai usaha untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang lebih baik. Rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana dampak keberadaan bank sampah terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat serta bagaimana kendala yang dihadapi bank sampah Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak bank sampah terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat islam serta mendeskripsikan kendalayang dihadapi bank sampah Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai bank sampah dan dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat islam Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan serta menambah kazanah ilmu sosiologi agama. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan dan bersifat deskriftif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diciptakannya bank sampah maka bisa menjadi solusi masyarakat dalam penanganan sampah sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Islam Desa Jati Indah. Selain itu keberaadan bank sampah memberikan perubahan pola pikir masyarakat atas kepedulian dalam pemilihan sampah dan dalam kerjasama antar anggota hingga mempererat silaturahmi sehingga membuat sampah yang sebelumnya tidak mempunyai nilai menjadi suatu hal yang bernilai ekonomi. Keuntungan yang didapatkan dari bank sampah seringkali digunakan untuk kegiatan keagamaan Desa Jati Indah seperti pengajian rutin dan acara di hari-hari besar keagamaan lainnya. Sedangkan kendala bank sampah yang terjadi yaitu dari prosesnya, yang dihadapi antara banyaknya sampah dengan armada pengangkutnya membuat proses pengolahan sampah menjadi terhambat bagi armada dan petugas pengolahan sampah, kurangnya perhatian pemerintah kepada bank sampah, terbatasnya lahan untuk menampung sampah-sampah yang sudah dikumpulkan, harga sampah tidak stabil dan seringkali mengalami penurunan membuat berkurangnya semangat nasabah bank untuk menabung di bank sampah. Oleh sebab itu pengurus bank sampah harus selalu menjaga kepengurusan agar seimbang sehingga terus berjalan dengan baik memberikan kontribusinya dalam kehidupan sosial ekonomi dan membawa kearah perubahan yang lebih baik dengan adanya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan desa Jati Indah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:49
Last Modified: 26 Nov 2020 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item