DAMPAK PROGRAM GERAKAN SERENTAK MEMBANGUN KAMPUNG (GSMK) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGALA TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG

Veiga Meidian Pratiwi, PRA (2020) DAMPAK PROGRAM GERAKAN SERENTAK MEMBANGUN KAMPUNG (GSMK) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGALA TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pembangunan merupakan suatu proses perubahan dalam struktur sosial, perubahan dalam sikap hidup masyarakat, serta pembangunan meliputi perubahan dalam tingkat pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur merupakan bagian integral pembangunan nasional dan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur diyakini sebagai motor pembangunan suatu kawasan. Infrastruktur juga mempunyai peran yang penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kesejahteraan dalam Undang Undang No.11 Tahun 2009 kesejahteraan masyarakat yaitu kondisi dimana terpenuhnya semua kebutuhan material, spiritual, dan kebutuhan social warga Negara supaya dapat hidup dengan layak dan bias mengembangkan diri, sehingga mampu melaksanakan fungsi sosialnya. Konsentrasi penduduk miskin terbesaar terdapat di wilayah pedesaan dibandingkan dengan wilayah perkotaan, salah satu penyebabnya adalah sulitnya akses kepedesaan Terkait dengan program pengentasan kemiskinan melalui pengembangan prasarana pedesaan di Provinsi Lampung, telah banyak program pembangunan yang digulirkan, salah satunya adalah yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Sejak tahun 2013, Kabupaten Tulang Bawang telah menggulirkan Program Gerakan Serentak Membangun Kampung/Kelurahan (GSMK).Dalam hal ini dengan adanya program gerakan serentak membangun kampung (GSMK) di kecamatan menggala timur kabupaten tulang bawang memberikan dampak yang cukup besar dalam pembangunan infastruktur di kecamatan menggala timur, masyarakat mengalami banyak kemajuan dalam segi hal perekonomian maupun dalam hal mobilisasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang dampak yang di rasakan masyarakat Menggala Timur Kabupaten Tulang Bawang dengan adanya program gerakan serentak membangun kampung (GSMK) Terhadap kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus bersifat deskriptif, melibatkan 7 warga sebagai informan Bpk Rudi Setiawan, Baktiono, Ibu Erna, Bpk Tohirin, Agus, Paidi, Muhammad Zulkarnain. Hasil penelitian ini yaitu masyarakat banyak merasakan perubahan dari adanya program gerakan serentak membangun kampung, yaitu salah satunya dampak dari segi infrastruktur terbangunya jalan, talut, drainase, selain itu program ini juga berdampak dalam segi sosial bertambahnya rasa bergotong-royong di kalangan masyarakat desa dan teimbulnya rasa solidaritas dalam membangun kampung selain itu terdapat dampak kesejahteraan dalam program gerakan serentak membangun kampung yaitu bertambahnya hasil pertanian serta hasil perdagangan masyarakat kahuripan dalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:28
Last Modified: 26 Nov 2020 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item