HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP WIYATA KARYA NATAR LAMPUNG SELATAN

Restya Kartika, KAR (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP WIYATA KARYA NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Fenomena tingginya tingkat intensitas bermain game online dapat dirasakan oleh siapapun, terutama pada kalangan peserta didik. Hal ini terkait dengan self control individu yaitu kemampuan individu dalam mengendalikan dirinya dari perilaku maladaptive. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self control (X ) dengan intensitas bermain game online (Y ) pada remaja. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Terdapat hubungan antara self control dengan intensitas bermain game online pada remaja. Populasi pada penelitian ini adalah Peserta didik di SMP Wiyata Karya Natar, Lampung Selatan kelas VII,VIII dan IX. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Totality Sampling yaitu, mengambil seluruh jumlah populasi untuk menjadi sample penelitian, dalam hal ini terdapat 140 peserta didik yang menjadi sample penelitian. Skala self control dalam penelitian ini di modifikasi dari Tangney, Baumister dan Boone (2004) dengan validitas skala 0,904 dengan korelasi aitem total antara 0,378-0,782 dengan P > 0,3. Sementara untuk skala intensitas bermain game online di modifikasi dari Dewandari (2013 ) dengan validitas 0,957 dengan korelasi aitem total antara 0,370-0,785 dan P>0,3. Untuk uji hiopotesis menggunakan analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negative signifikan antara self control dengan intensitas bermain game online pada remaja, yaitu sebesar -0,503 dengan signifikan 0,000 dimana P<0,01. Dengan hasil tersebut maka hipotesis peneliti diterima. Hal ini berarti semakin tinggi self control yang dimiliki individu maka semakin rendah intensitas bermain game onlinenya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:25
Last Modified: 26 Nov 2020 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item