DAMPAK AKSI 212 TERHADAP POLITIK EKONOMI UMAT ISLAM (Studi pada 212 Mart Kota Bandar Lampung)

NURUL AZMI, AZM (2020) DAMPAK AKSI 212 TERHADAP POLITIK EKONOMI UMAT ISLAM (Studi pada 212 Mart Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

212 Mart adalah minimarket berbasis Islam pertama yang lahir pasca aksi 212 terjadi pada tanggal 02 Desember 2016 dan didirikan oleh para alumni aksi 212 sebagai implementasi semangat aksi 212 yang penuh kebersamaan dan persaudaraan. Semangat ini kemudian diwujudkan pada upaya menjadikan 212 Mart sebagai minimarket berbasis Islam sebagai wadah perjuangan umat dibidang ekonomi. 212 Merupakan bentuk dari gerakan politik umat Islam dengan mengintervensi kebijakan-kebijakan ekonomi oleh pemerintah, intervensi tersebut bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi umat Islam, gerakan politik tersebut menimbulkan orientasi ekonomi pengunjung 212 Mart serta dampak terhadap politik ekonomi umat Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa orientasi ekonomi masyarakat yang berbelanja di 212 Mart Kota Bandar Lampung dan apa dampak aksi 212 terhadap politik ekonomi umat Islam. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui berbagai macam orientasi ekonomi masyarakat yang berbelanja di 212 Mart Kota Bandar Lampung dan untuk mengatahui apa saja dampak aksi 212 terhadap politik ekonomi umat Islam. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berbelanja di 212 Mart Korpri, 212 Mart Al-Hikmah dan 212 Mart Pramuka Kota Bandar Lampung yang berjumlah kurang lebih 300 Orang selama bulan Februari yang mana dalam satu hari rata-rata masyarakat yang berbelanja di masing-masing 212 Mart di Kota Bandar Lampung berjumlah 10 Orang, dari populasi tersebut penulis menentukan sample menggunakan teori purposive sampling (sampel bertujuan) yang mana sample pada penelitian ini berjumlah 30 Orang atau 10% dari 300 Orang yang berbelanja dimasing-masing 212 Mart di Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 Metode yaitu Metode observasi yaitu dengan mengunjungi 212 Mart Kopri, 212 Mart Al-Hikmah dan 212 Mart Pramuka selama bulan Februari 2019 selanjutnya metode wawancara yaitu dengan mewawancarai sample yang berjumlah 30 Orang masyarakat yang berbelanja di 212 Mart di Kota Bandar Lampung dari awal bulan Februari hingga akhir bulan Februari, dan metode dokumentasi yaitu dengan pengambilan gambar atau keterangan yang berhubungan dengan gambaran umum 212 Mart di Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Orientasi pengunjung di 212 Mart Kota Bandar Lampung adalah 212 Mart kepemilikan berjamaah, tidak ada kepentingan individu melainkan untuk kepentingan umat Islam itu sendiri, 212 Mart mampu mendorong perekonomian umat Islam dan 212 Mart mampu meratakan distribusi perdagangan di Kota Bandar Lampung dan aksi 212 berdampak terhadap politik ekonomi umat Islam di Kota Bandar Lampung, diantaranya mencapai pertumbuhan ekonomi yang merata tidak hanya betumpu pada pelaku-pelaku ekonomi bermodal besar saja dan terciptanya kesetabilan harga serta terwujudnya distribusi pendapatan yang merata di Kota Bandar Lampung, dampak pada penelitian ini dilihat dari orientasi ekonomi masyarakat yang berbelanja di 212 Mart Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:20
Last Modified: 26 Nov 2020 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item