TINGKAT KEBERHASILAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH PEMDA PRINGSEWU (Studi Pada Objek Wisata Rest Area Wates Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu)

Agustina Pudji Rahayu, RAH (2020) TINGKAT KEBERHASILAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH PEMDA PRINGSEWU (Studi Pada Objek Wisata Rest Area Wates Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF
Download (999kB)

Abstract

Objek wisata tugu bambu pringsewu merupakan sebuah ikon atau landmark dari Kabupaten Pringsewu yang terletak pada Kelurahan Wates, Kecamatan Gading Rejo. Selain sebagai objek wisata, tugu bambu pringsewu pula memiliki banyak manfaat di dalamnya seperti banyaknya fasilitas umum yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat, terdapat juga lokasi area perdagangan yang luas yaitu hampir setengah dari lokasi keseluruhan tugu bambu pringsewu. Tujuan utama dari dibangunnya area perdagangan tersebut yaitu selain memberikan tempat beristirahat yang nyaman bagi para pengunjung yang hadir ke area tersebut, pemerintah daerah juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar untuk dapat berjualan pada lokasi tersebut guna memenuhi kebutuhan hidupnya, Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang hubungan Politik Pemerintah Daerah Pringsewu terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di rest area Tugu Bambu desa Gading Rejo Kabupaten Pringsewu dan upaya Pemerintah Daerah Pringsewu dalam peningkatan keberhasilan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus yang bersifat deskriptif, dimana data didapatkan dari hasil wawancara yang melibatkan pemerintah daerah, pedagang, dan pengunjung. Observasi dan dokumentasi pula dilakukan untuk mengetahui kondisi di lapangan yang kemudian dilakukan analisis. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu didapatkan hubungan politik terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu dengan dibangunnya area pedagangan, area fasilitas umum, dan terciptanya kondisi tertib dan aman, serta upaya yang dilakukan guna meningkatkan keberhasilan pemerintah daerah yaitu dengan penghapusan uang sewa, mengintensifkan promosi, dan pembinaan pengembangan ekonomi masyarakat bagi para pedagang, upaya tersebut dapat dikatakan berhasil dikarenakan adanya peningkatan jumlah pedagang dari setiap tahunnya serta kepuasan dari para pedagang yang dapat memenuhi kebutuhan dari hasil dagangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:17
Last Modified: 26 Nov 2020 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item