Hubungan Persepsi Terhadap Organisasi dan Motif Sosial Dengan Minat

Aldi Purwanto, PUR (2020) Hubungan Persepsi Terhadap Organisasi dan Motif Sosial Dengan Minat. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (76kB)

Abstract

Minat berorganisasi adalah adanya ketertarikan dari diri mahasiswa untuk mengikuti dan memilih aktif dalam suatu organisasi yang membuat seorang memiliki kecenderungan untuk memberikan perhatian terhadap kegiatan organisasi yang dipilihnya berdasarkan dorongan dari dalam diri. Persepsi terhadap organisasi dan motif sosial merupakan faktor yang mempengaruhi terjadinya minat berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap organisasi dan motif sosial dengan minat berorganisasi pada fakultas ushuluddin dan studi agama. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Presisi dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 Mahasiswa yang mengikuti Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala minat berorganisasi, persepsi terhadap organisasi dan motif sosial. Skala minat berorganisasi berjumlah 21 aitem (α= 0,905), pada persepsi terhadap organisasi berjumlah 21 aitem (α=0,880), dan pada motif sosial berjumlah 19 aitem (α=0,866). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang dibantu dengan program SPSS 21.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan hasil : 1. Hasil penelitian menunjukkan nilai Rx1.2.3-y = 0,542 nilai F = 13.951 atas signifikansi p = 0,000 dan menyatakan (p < 0,01). Hasil yang didapat bahwa persepsi terhadap organisasi dan motif sosial tersebut memberikan sumbangan efektif sebesar 29.4% terhadap variabel terikat dan 70.6% dihasilkan oleh variabel lain di luar penelitian. 2. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rx1-y = 0,459 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi terhadap organisasi dan minat berorganisasi. Hasil yang didapat menyatakan bahwa variabel persepsi terhadap organisasi mendapatkan sumbangan efektif sebesar 16,7% terhadap minat berorganisasi 3. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rx2-y = 0,418 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motif sosial dengan minat berorganisasi. Hasil yang didapat menyatakan bahwa variabel motif sosial mendapatkan sumbangan efektif sebesar 12,7% terhadap minat berorganisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:08
Last Modified: 26 Nov 2020 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12452

Actions (login required)

View Item View Item