MANAJEMEN PENGAJIAN AHAD KLIWON DI PONDOK PESANTREN BAROKATUL QODIRI DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH DI KECAMATAN PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT

Mutohharoh Arba, ARB (2020) MANAJEMEN PENGAJIAN AHAD KLIWON DI PONDOK PESANTREN BAROKATUL QODIRI DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH DI KECAMATAN PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Mutohharoh Arba.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Pengajian Ahad Kliwon di Pondok Pesantren Barokatul Qodiri dalam Pengembangan Dakwah di Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen dalam pengajian Ahad Kliwon di Pondok Pesantren Barokatul Qodiri, yang di dalamnya terdapat fungsifungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sehingga dapat mengetahui bagaimana sistem kerja para pelaksana pengajian. Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat pelaksanaan kegiatan yang diteliti. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan manajemen, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta dan karakteristik bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajian Ahad Kliwon di Pondok Pesantren Barokatul Qodiri di dalamnya terdapat penerapan manajemen. Dalam proses kegiatan pengajian tersebut terlebih dahulu direncanakan hal-hal yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tersebut, diantaranya dengan mengadakan rapat untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, menentukan para pelaksana, dan menentukan segala fasilitas dalam pelaksanaan pengajian. Pengorganisasian merupakan fungsi yang memudahkan dalam pembagian tugas dan menyusun rencana kerja. Tugas-tugas yang diberikan oleh para pengurus adalah tugas yang sesuai dengan keahlian pengurus tersebut, dan program kerja yang diberikan para pengurus adalah untuk memberikan fasilitas yang terbaik untuk kiai dan jamaah pengajian. Fungsi ketiga adalah penggerakan atau pelaksanaan, yaitu dengan memberikan motivasi dan semangat kepada bawahan dalam bekerja serta melaksanakan tugas masing-masing. Fungsi terakhir adalah pengawasan yaitu ketua berkeliling melihat seluruh kegiatan dan mengamati anggotanya dalam bekerja, penerapan manajemen dalam pengajian Ahad Kliwon dapat mempermudah pelaksanaan pengajian dan pelayanan pada kiai atau pemateri serta jama’ah pengajian. Adapun kegiatan lain dalam upaya pengembangan dakwah melalui pengajian Ahad Kliwon, Pondok Pesantren Barokatul Qodiri melaksanakan beberapa kegiatan , diantaranya adalah tilawah, pengajian manaqib dan santunan anak yatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:52
Last Modified: 25 Nov 2020 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item