UPAYA KIAI DALAM MENINGKATKAN PRILAKU PROSOSIAL SANTRI MELALUI BIMBINGAN KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

NAUFAL ILHAM, ILH (2020) UPAYA KIAI DALAM MENINGKATKAN PRILAKU PROSOSIAL SANTRI MELALUI BIMBINGAN KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NAUFAL ILHAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Fattah adalah pondok tertua di Kecamatan Talang Padang. Dalam usaha pembentukan karakter dan kepribadian santri merupakan kegiatan utama. santri dibimbing agar memiliki kepribadian yang baik terkhusus perilaku prososial. Usia santri yang tergolong masih remaja biasanya mudah terpengaruh dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta suka berkelahi, tidak mau bersosialisasi, menang sendiri, mudah tersinggung dan cendrung tidak mentaati peraturan. Untuk menghindari hal tersebut penting sekali diberikan bimbingan keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan yang dilakukan oleh kiai di Pondok Pesantren Al-Fattah Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus ? (2) Bagaimana perilaku prososial antar santri di Pondok Pesantren Al-Fattah Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, Adapun sumber data perimer dalam penelitian ini yaitu pengasuh, kiai/ustadz, pengajar dan santri di Pondok Pesantren Al-Fattah. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan tulisantulisan yang berkaitan dengan yang dibahas dalam peelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan berupa materi dan metode yang dilakukan oleh kiai di Pondok Pesantren Al-Fattah adapun materi yang diberikan adalah, akidah, akhlak dan ibadah, dengan metode kelompok, individu dan keteladanan. Pemberian bimbingan ini dilakukan secara langsung yaitu tatap muka antara pembimbing dan santri, dan dalam pelaksanaannya bisa dikatakan sudah efektif. (2) Perilaku prososial antar santri di Pondok Pesantren Al-Fattah dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain berbagi, menolong, berderma, mau bekerjasama, dan selalu berperilaku jujur. Pada dasarnya bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren ini memberikan bekal kepada generasi muda dalam menjalani kehidupannya agar dapat memahami bahwa kebutuhan-kebutuhan hidup bukanlah hanya material saja melainkan hubungan sosial juga merupakan suatu kebutuhan. Senantiasa berperilaku prososial akan mengakibatkan hubungan dengan sesama santri dan kelak di masyarakat menjadi lebih erat dan kenyamanan hidup bisa diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:49
Last Modified: 25 Nov 2020 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12434

Actions (login required)

View Item View Item