STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KITTY HIJAB DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Inda Lusiyana, LUS (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KITTY HIJAB DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi indah full ok.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi indah 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Kitty Hijab merupakan brand dari produk hijab handmade atau buatan tangan yang didirikan pada tahun 2013 oleh Hani Siti Soleha. Kitty Hijab sendiri memiliki tujuan untuk menyebarkan dakwah dengan menyediakan berbagai produk kebutuhan muslim. Dalam pemasarannya, Kitty Hijab merambah di media sosial Instagram dengan nama pengguna instagram @kittyhijab__. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Kitty Hijab di media sosial Instagram dalam meningkatkan minat beli? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Kitty Hijab di media sosial Instagram dan efektivitas dari strategi komunikasi pemasaran tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Sumber data primer yang digunakan berasal dari wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap Kitty Hijab. Kemudian data sekunder bersumber dari berbagai dokumen, buku dan data pelengkap lainnya. Secara rinci strategi komunikasi pemasaan yang dilakukan Kitty Hijab adalah dengan menggunakan teori Kotler yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Pertama, produk dari Kitty Hijab adalah produk yang sedang diminati oleh masyarakat muslim dengan target pengguna Instagram yang rata-rata berusia 17 hingga 35 tahun dengan memperhatikan kualitas yang baik dan beragam. Kedua, penentuan harga dari Kitty Hijab adalah menyesuaikan harga pasaran dan kompetitor. Kitty Hijab juga menyediakan harga reseller dan ecer. Ketiga, tempat dari Kitty Hijab sendiri berada di tengah kota dan pusat perbelanjaan yang mana efektif untuk memasarkan produk. Dengan memperhatikan kenyamanan dan kemudahan masyarakat untuk menjangkaunya. Keempat, pelayanan dari Kitty Hijab sangat ramah dan memberikan konsultasi terhadap permasalahan mengenai produk. Kelima, promosi yang dilakukan Kitty Hijab juga beragam dimulai dari endorsemen, giveaway hingga diskon yang mampu menarik minat masyarakat. Hasil penelitian yang ditemukan, strategi komunikasi pemasaran dari Kitty Hijab dinilai cukup efektif seperti yang dilihat dari jumlah pengikut yang selalu bertambah setiap hari, testimoni berupa tag di akun Instagram @kittyhijab__ dan penjualan yang tergolong stabil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:46
Last Modified: 25 Nov 2020 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item