MINAT MAHASISWA DALAM AKTIFITAS DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Pada Mahasiswa Jurusan KPI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015)

GILANG RALAS KSETRA, KSE (2020) MINAT MAHASISWA DALAM AKTIFITAS DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Pada Mahasiswa Jurusan KPI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI GILANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Minat mahasiswa dalam aktifitas dakwah melalui media sosial facebook adalah keinginan seseorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan seruan, ajakan atau panggilan melalui sarana sosial secara online di internet. Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang yang diantaranya mahasiswa pasti melakukan aktifitas di media sosial salah satunya facebook sebagai media untuk aktifitas berdakwah. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana Minat Mahasiswa Dalam Aktifitas Dakwah Melalui Media Sosial Facebook Pada Mahasiswa Jurusan KPI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015? Faktor apa saja yang menghambat Minat Mahasiswa Dalam Aktifitas Dakwah Melalui Media Sosial Facebook Pada Mahasiswa Jurusan KPI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015? Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan merupakan jenis penelitian field research dengam menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 208 orang yang terdiri dari KPI A 40 orang, KPI B 42 orang, KPI C 42, KPI D42, KPI E 42 orang dan sampel yang diambil penulis berjumlah 16 orang yang terdiri dari 4 orang mahasiswa KPI A, 2 orang mahasiswa KPI B, 2 orang mahasiswa KPI C, 3 orang mahasiswa KPI D, dan 5 orang mahasiswa KPI E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya minat mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2015 dalam melakukan aktifitas dakwah masih ada walaupun sedikit dan hanya beberapa orang mahasiswa yang berminat dalam aktifitas dakwah melalui media sosial facebook. Hal ini membuktikan bahwa minat mahasiswa dalam melakukan aktifitas dakwah melalui media sosial facebook masih rendah. Hal ini di karenakan banyak mahasiswa yang kurang kemauan dan kesadaran akan pentingnya berdakwah dimanapun tempatnya salah satunya di media sosial facebook. Rendahnya minat melakukan aktifitas dakwah melalui media sosial facebook juga dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang meliputi kondisi mad‟u, partisipasi mahasiswa dan lingkungan pergaulan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:20
Last Modified: 25 Nov 2020 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item