METODE RUQYAH DALAM PEMULIHAN PASIEN SKIZOFRENIA ( Studi Pada Yayasan Aulia Rahma Rehabilitasi Gangguan Jiwa Di Kemiling Bandar Lampung)

TUTUT, INDAH PARWATI (2020) METODE RUQYAH DALAM PEMULIHAN PASIEN SKIZOFRENIA ( Studi Pada Yayasan Aulia Rahma Rehabilitasi Gangguan Jiwa Di Kemiling Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Pada Era Globalisasi saat ini corak kehidupan masyarakat semakin kompleks, hal tersebut bisa mengakibatkan gangguan jiwa seperti Skizofernia. Skizofrenia Penykit Skizofernia ini sebaiknya tidak hanya disembuhkan oleh medis saja tetapi harus diberikan pengobatan secara rohaniah untuk bisa pulih secara efektif yaitu dengan pengobatan metode Ruqyah yang berlandaskan AlQura’an dan Hadist yang mampu membantu mengeluarkan energi negatif yang ada pada penderita Skizofrenia, sehingga penderita kembali dalam keadaan sehat baik secara jasmani maupun rohaninya. Dalam pra penelitian yang telah dilakukan di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung pengobatan dengan metode ruqyah mampu membantu dalam proses pemulihan pasien Skizofernia. Untuk meneliti hal tersebut dapat dirumuskan bagaimana pelaksanaan metode ruqyah dalam pemulihan pasien Skizofrenia di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung. mengetahui hasil dari metode ruqyah terhadap pasien dengan penderita gangguan jiwa Skizofrenia di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan metode Ruqyah dalam pemulihan pasien Skizofrenia dan untuk mengetahui hasil ruqyah dalam pemulihan pasien Skizofrenia di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung.Penelitian ini adalah penelitian lapangan, menurut sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metodelogi kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara ter struktur, observasi non pertisipan, dan metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan disimpulkan menggunakan sumber data primer. Data primer diperoleh melalui purposive sampling dengan kriteria yang memiliki penyakit gangguan jiwa Skizofrenia halusinasi, mendengar bisikan bisikan, emosi tinggi, isolasi diri, napza, kekerasan sosial. Subjek penelitian terdiri dari 12 pasien, 2 perawat, 1 ustad selaku peruqyah dan 1 psikolog. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa metode Ruqyah yang dilakukan di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung berdampak positif terhadap kejiwaan pasien, dalam pemulihannya, pasien gangguan jiwa Skizofrenia mengalami pemulihan yang sangat cepat dan menurut pasien yang telah dilakukan Ruqyah bahwasanya keadaan yang dialami sudah lebih baik dari sebelumnya dan merasakan perasaan yang nyaman,tenang, dan gangguan-gangguan yang di alami nya dulu sedikit demi sedikit hilang karna metode ruqyah butuh proses berulang-ulang tidak cukup hanya sekali dalam membantu proses pemulihannya.dikarnakan pasien gangguan jiwa tidak hanya diberikan pengobatan melalui medis saja tetapi butuh nya resep kerohanian keimanan dari Allah sesuai dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:17
Last Modified: 25 Nov 2020 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item