Astuti, Fitria (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perilaku agresif adalah bentuk perilaku atau tindakan melukai yang disengaja oleh seseorang atau institusi terhadap orang atau institusi lain yang sejatinya disengaja yang dapat menyakiti orang lain dengan tujuan untuk pemeliharaan hidup. Perilaku agresif itu sendiri berasal dari proses kognitif yang terganggu, sehingga diharapkan permasalahan peserta didik tersebut bisa di bantu penyelesainya oleh guru dengan lebih mudah yang akhirnya masalah perilaku agresif ini tidak mengganggu perkembangan dan pertumbunhanya. Masalah pada penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang memiliki perilaku agresif. Rumusan masalah adalah apakah bimbingan kelompokdengan teknik sosiodrama efektif untuk menguragii perilaku garesif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017 yang terindikasi memiliki perilaku agresif tinggi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode pemberian angket perilaku agresif (data awal) dan dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku agresif dapat diturunkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan t-test, dari skor yang diperoleh kelompok sosiodrama yaitu thitung = 2,074 > ttabel = 2,101 dengan taraf signifikan α 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku agresif pesertra didik. Secara singkat kesimpulan dalam penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sisodrama efektif untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 03:09 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 03:09 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |