PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA WANITA BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PENGOLAHAN BUAH MAJA DI DESA KALIBENING KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

Mila Wahyuni, WAH (2020) PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA WANITA BERBASIS POTENSI LOKAL MELALUI PENGOLAHAN BUAH MAJA DI DESA KALIBENING KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FUUL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Potensi lokal merupakan salah satu Sumber Daya Alam yang dapat membantu keberlangsungan kehidupan manusia. Tidak sedikit dari masyarakat yang bergantung pada potensi lokal tersebut namun dengan potensi lokal yang dihasilkan itu tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup masyarakat,maka dengan adanya pemanfaatan potensi lokal secara maksimal dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan baru serta waktu yang tadinya tidak produktif menjadi lebih produktif. Kelompok wanita Tani Mahkota merupakan suatu wadah organisasi perempuan yang ada di desa Kalibening Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus yang bergerak dibidang pemanfaatan potensi lokal. Pemanfaatan potensi lokal merupakan mengolah buah maja yang bahan mentah didapatkan dari Sumber Daya Alam dan diolah menjadi produk siap konsumsi yaitu sirup buah maja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pemberdayaan Tenaga Kerja Wanita berbasis potensi lokal melalui pengolahan buah maja di Desa Kalibening Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus dan Bagaimana hasil pemberdayaan Tenaga Kerja Wanita berbasis potensi lokal melalui pengolahan buah maja di Desa Kalibening Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani desa Kalibening Kecamatan talang Padang Kabupaten Tanggamus adalah para anggota yang tergabung dalam kegiatan ini lebih trampil, waktu menjadi produktif,, dan memiliki kemampuan dan pengetahuan baru yang dapat membantu mereka untuk menigkatkan kualitas diri. Dibuktikan dengan para anggota Kelompok wanita Tani yang sebelumnya belum mengetahui tentang pemanfaatan potensi lokal hingga saat ini terampil dalam mengolah potensi lokal (buah maja) menjadi produk unggulan desa Kalibening yaitu sirup buah maja Mahkota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:01
Last Modified: 25 Nov 2020 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12418

Actions (login required)

View Item View Item