PERAN KELOMPOK BINA KELUARGA REMAJA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONISDI DESA GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN

WANDA AFRIZAL SETIAWAN, SET (2020) PERAN KELOMPOK BINA KELUARGA REMAJA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONISDI DESA GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Keluarga sebagai lembaga pertama dan utama kehidupan remaja, mempunyai peranan penting dalam memberikan pendidikan, curahan kasih sayang, arahan, dan pengawasan kepada remaja agar mereka tumbuh dengan memiliki konsep diri yang positif. Keharmonisan keluarga yang ada di Desa Gunung Rejo Kecamatan Waylima memiliki kualitas keluarga yang baik didirikan oleh BKKBN sebagai Desa pengembang Bina Keluarga Remaja hal ini merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis dalam mengupayakan terwujudnya sumber daya manusia potensial melalui upaya meningkatkan pengetahuan dalam mengasuh serta membina tumbuh kembang remaja melalui peran kedua orang tua. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peran Bina Keluarga Remaja dalam mewujudkan keharmonisan keluarga dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung program bina kelurga remaja di Desa Gunung Rejo Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Bina Keluarga Remaja dalam mewujudkan keharmonisan keluarga di Desa Gunung Rejo Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif bersifat Deskriptif, dengan pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dan diperoleh 9 kepala keluarga sebagai sampel dalam penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bina Keluarga Remaja memiliki peran sebagai fasilitator, motivator dan katalisator. Penyuluhan yang dilakukan oleh Bina Keluarga Remaja berpengaruh terhadap terwujudnya keluarga yang harmonis di Desa Gunung Rejo Kecamatan Waylima. (2) Adapun faktor penghambat yakni masih kurangnya kesadaran pasangan usia muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan sarana serta prasarana yang masih kurang dalam menunjang kegiatan Bina Keluarga Remaja. Faktor pendukung yakni semangat yang sangat luar biasa dalam melakukan kegiatan serta adanya kerjasama yang baik dari tiap-tiap Kader, kemudian didukung serta oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang mendampingi dan membantu Kader dalam melaksanakan kegiatan Bina Keluarga Remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:52
Last Modified: 25 Nov 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item