KOMUNIKASI ANTARPRIBADI USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NAJAH SAMBIKARTO KECAMATAN SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR

FAUZIE NOVIANTO, NOV (2020) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUN NAJAH SAMBIKARTO KECAMATAN SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of fauzie Novianto full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of fauzie novianto  BAB1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang baik itu yang terjadi pada diri sendiri maupun interaksi secara langsung atau face to face sehingga pesan dapat sampai sehingga dapat memperoleh suatu keputusan. Komunikasi antarpribadi yang penulis maksud disini adalah komunikasi antara ustad dalam pembentukan karakter para santrinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan komunikasi antarpribadi ustadz dengan santri dalam pembentukan karakter di Pondok Pesantren Darun Najah Sambikarto Kecamatan Sekampung Lampung Timur dan faktor penghambat dalam proses pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darun Najah Sambikarto Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ustad Pondok Pesantren Darun Najah Sambikarto Kecamatan Sekampung Lampung Timur yaitu sebanyak 25 orang dan seluruh santri yang tinggal di asrama dan berada di kelas 7 pada Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Sambikarto Kecamatan Sekampung Lampung Timur yaitu sebanyak 120 orang santri laki-laki dan perempuan. Teknik dalam pengambilan sample adalah menggunakan Simple Random Sampling. Dalam hal ini penulis mendapatkan sample sebanyak 15 orang. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembentukan karakter yang dilakukan antara ustadz dengan murid di Pondok Pesantren menerapkan komunikasi antarpribadi melalui pendekatan secara Kultural,Sosiologis,Psikologis. faktor yang menjadi penghambat dalam berkomunikasi dengan santri yaitu latar belakang keluarga santri yang kurang harmonis, perilaku santri yang bermacam-macam karakter dan adanya rasa kurang percaya diri pada santri untuk bergaul dan berkomunikasi dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:44
Last Modified: 25 Nov 2020 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item