PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NATAR

Julaiha, Ida (2017) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan masih berorientasi pada kegiatan pendidik, peserta didik hanya menerima penjelasan dari pendidik sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran dan mengakibatkan keterampilan proses sains peserta didik tidak berkembang. Dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada peserta didik dapat memberdayakan, mengasah, dan mengembangkan kemampuan berfikir secara berkesinambungan, Seperti keterampilan mengamati/observasi, mengklasifikasikan, mengajukan pertanyaan, menggunakan alat dan bahan, melaksanakan percobaan, menafsirkan dan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan yang berjumlah 80 peserta didik terbagi menjadi 2 kelompok (eksperimen dan kontrol), masing-masing berjumlah 40 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 40 peserta didik untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Uji t untuk nilai postest diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 5,155≥ 1,990 pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Sesuai kriteria uji-t berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan pendekatan CTL berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi Plantae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:03
Last Modified: 31 Aug 2017 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item