PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI POWER POINT ADD-INS ISPRING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL PESERTA DIDIK KELAS XI

Septiani, Erna (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI POWER POINT ADD-INS ISPRING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL PESERTA DIDIK KELAS XI. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi power point add- ins ispring berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. 2) Bagaimana repon peserta didik dan pendidik terhadap penggunaan media interaktif dengan aplikasi power point add-ins ispring pada mata pelajaran biologi materi sel. Penelitian dilakukan dengan metode researchanddevelopment (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi produk, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian ini sehingga langkah-langkah penelitian tidak di laksanakan semua.Instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket dengan format respon lima poin dari skala Likert. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa pada tahap II terhadap media pembelajaran interaktif, skor rata-rata yang diperoleh pada ahli materi adalah 94%, ahli media 87% dan ahli bahasa 82%. Kemenarikan media pembelajaran berdasarkan uji coba satu lawan satu yang dilakukan pada 6 peserta didik mendapatkan skor rata-rata 87,5%, pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 15 peserta didik mendapat skor rata-rata 86,77%, dan pada uji lapangan yang dilakukan pada 36 peserta didik mendapat skor 90,69%, sedangkan skor rata-rata pendidik sebagai pengguna adalah 85,83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:57
Last Modified: 21 Feb 2017 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item