INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

Abdurrohim Adri, adr (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS TERBUKA ABDURROHIM ADRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu proses panjang dan berkelanjutan yang bertujuan untuk mentranformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai tujuan penciptaannya, yaitu untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya, orang lain, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya. Dalam hal ini tujuan pendiidkan Islam adalah untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia, karena akhlak mulia adalah pangkal kebaikan. Membina akhlak merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pendidikan nasional, sehingga dalam UU No 20 tahun 2003 dijelaskan bahwa dalam tujuan pendidikan nasional ditentukan tentang akhlak mulia, dalam lembaga pendidikan , yang bertanggung jawab membina akhlak peserta didik adalah guru terutama guru penddikan agama Islam. Jadi guru agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di Sma Negeri 4 Bandar Lampung mempunyai tugas dan peran dalam membina akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiaan lapangan yang dilakukan di Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dalam membentuk karakter siswa Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Dari masalah yang teridentifikasi tersebut penulis merumuskan masalah yaitu: Bagaimanakah Peranan Guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di Sma Negeri 4 Bandar Lampung, serta nilai-nilai dalam pembentukan karakter siswa, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik Bagaimanakah Peranan Guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Dari hasil penelitian tentang peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik ini dapat disimpulkan bahwa guru PAI telah berperan, mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, memberi tauladan menilai dan mengevaluasi, dalam membentuk karakter religius, peduli sosial, peduli lingkungan, bersahabat/ komunikatif, disiplin gemar membaca, cinta damai, tanggung jawab, kerja keras, jujur dan mandiri pada peserta didik walupun masih ada kendala dalam proses membina peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dalam pembentukan karakter siswa, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mengajar, mendidik serta memberikan teladan, oleh karena itu kerjasama yang baik antara sekolah, pimpinan, serta orang tua akan sangat membantu guru PAI dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:12
Last Modified: 24 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item