PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN SOSIAL

WAHYUNI, NURSA’IDAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Wahyuni LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis ditinjau dari keterampilan sosial siswa kelas VII SMPN 1 Natar tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Natar dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembeajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan VIIB sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang diperoleh menggunakan taknik sampel yaitu teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Barlet. Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut dengan menggunakan uji komperasi ganda dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil perhitungan uji anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% yaitu (1) 19,493 4,020 sehingga ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa; (2) 38,562 3,168 sehingga ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat katerampilan sosial siswa yang berkategori tinggi, sedang dan rendah dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa; (3) 0,073 3,168 sehingga diterima, maka dapat disimpulkan bahwa tidak teradapat interaksi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Keterampilan Sosial dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Kemampuan Representasi Matematis, dan Keterampilan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:05
Last Modified: 24 Nov 2020 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item