PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

Vanesa, Shely Anuar (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (49MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) Oleh Vanesa Shely Anuar 1611100427 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis realistik dimana peserta didik dapat mengaitkan pembelajaran terhadap hal nyata atau real, dengan menggunakan bahan ajar ini diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) (2) mengetahui kelayakan bahan ajar (3) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Labuhan Ratu, Bandar lampung dan MIMA Sinar Gading Teluk Betung. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan kriteria 3,8 dan persentase rata-rata 97% dengan skor 78 dan skor maksimal 80. Penilaian ahli media pada bahan ajar matematika realistik termasuk kategori sangat layak dengan kriteria 4 dan persentase 100% dengan skor 52 dan skor maksimal 52, dan penilaian ahli bahasa pada bahan ajar matematika realistik memperoleh kriteria 3,9 dan persentase 98% dengan skor 43 dan skor maksimal 44. Pada uji coba skala kecil di SDN 1 Labuhan Ratu dengan peserta didik sebanyak 10 orang memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan persentase 87% dan skor 245 dengan skor maksimal 280. Pada uji coba lapangan skala besar di MIMA Sinar Gading yang diikuti oleh 25 orang peserta didik diperoleh skor 648 dengan skor maksimal 700 dan memperoleh rata-rata skor 3,7 dengan persentase 92% dengan keterangan sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, PMRI, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 23 Nov 2020 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item