PENGARUH MEDIA FILM KARTUN NUSSA DAN RARA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MIN 6 BANDAR LAMPUNG

TARI, PUSPA INDAH (2020) PENGARUH MEDIA FILM KARTUN NUSSA DAN RARA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (996kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan pendidikan adalah membentuk anak menjadi makhluk aktif dan kreatif. Seluruh kegiatan ini yaitu membentuk anak menjadi anggota masyarakat yang baik. Namun dalam menjalankan kegiatan pendidikan diperlukan berbagai cara, metode dan media dalam mendukung kegiatan tersebut. Salah satunya dengan media audio visual seperti film kartun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Film kartun Nussa dan Rara terhadap pendidikan karakter pada pembelajaran Tematik kelas III MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan jenis penelitian design quasi eksperimental. Dengan populasi yaitu siswa/i kelas III MIN 6 Bandar Lampung. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas III A dan III D, sampel terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Pengambilan keputusan untuk menemukan ada atau tidaknya pengaruh film kartun Nussa dan Rara terhadap pendidikan karakter pada pembelajaran tematik menggunakan uji t. Berdasarkan pada hasil uji t, menghasilkan bahwa t hitung (one sampel t test) adalah 67.231 dengan t tabel 1.687. maka 67.231 > 1.687 yang artinya ada pengaruh pendidikan karakter pembelajaran tematik terpadu yang menggunakan film kartun Nussa dan Rara. Hal tersebut menyimpulkan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian, ada hal yang perlu peneliti sarankan, yaitu dalam melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan media film kartun sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pada peserta didik sebaiknya seorang guru dapat memilih dengan cermat film kartu apa yang akan diberikan kepada siswa. Karena tidak semua film kartun memiliki nilainilai positif bagi pendidikan karakter anak. Kata Kunci: Media Film Kartun, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:30
Last Modified: 23 Nov 2020 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item