Wardani, Hindira
(2017)
PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIKAN KELAS IV PADA
MATA PELAJARA MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Salah satu faktor rendahnya motivasi belajar siswa dan kurang
meresponnya terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran matematika
dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru tidak menggunakan metode yang
bervariasi dan cenderung menggunakan metode konvensional. Untuk menyikapi
permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menggunakan metode outdoor
study. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah penerapan metode
outdoor study dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas IV MIN 10
Bandar Lampung?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap peningkatkan motivasi
belajar matematika di kelas IV MIN 10 Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen
Desain). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV MIN
10 Bandar Lampung yang berjumlah 48 peserta didik. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan didapat kelas IV B
berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A berjumlah 24
peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan umtuk menganalisis
data hasil penelitian adalah uji t (t test) pada data hasil angket awal-angket akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis serta mengacu pada rumusan
masalah pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan
motivasi belajar matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan Metode outdoor study dan konvensional. Peningkatan motivasi
belajar menggunakan Metode outdoor study lebih baik dari pada kelas kontrol
yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata peningkatan motivasi
belajar matematika yang menggunakan Metode outdoor study berada pada
katagori sedang.
Actions (login required)
 |
View Item |