PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIKAN KELAS IV PADA MATA PELAJARA MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Wardani, Hindira (2017) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIKAN KELAS IV PADA MATA PELAJARA MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Wardani,_H..pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya motivasi belajar siswa dan kurang meresponnya terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran matematika dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dan cenderung menggunakan metode konvensional. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menggunakan metode outdoor study. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampung?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap peningkatkan motivasi belajar matematika di kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Desain). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampung yang berjumlah 48 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan didapat kelas IV B berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan umtuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji t (t test) pada data hasil angket awal-angket akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis serta mengacu pada rumusan masalah pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Metode outdoor study dan konvensional. Peningkatan motivasi belajar menggunakan Metode outdoor study lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata peningkatan motivasi belajar matematika yang menggunakan Metode outdoor study berada pada katagori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:02
Last Modified: 31 Aug 2017 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item