PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP METAKOGNITIF SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

NUR, FADDILAH SANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP METAKOGNITIF SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NUR FADDILAH SANI BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR FADDILAH SANI (1611050229).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan metakognitif merupakan kesadaran individu terhadap proses berfikirnya sendiri, dalam konteks pembelajaran siswa mengetahui bagaimana cara untuk belajar, dan mengetahui kemampuan awal yang dimilikinya. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif siswa SMP Negeri 1 Tanjungsari masih rendah. Rendahnya kemampuan metakognitif disebabkan karena proses pembelajaran yang digunakan guru kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsari kurang tepat, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognitif siswa, perbedaan kemampuan metakognitif pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, serta interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan metakognitif dan angket gaya belajar. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama (ANAVA). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil bahwa sehingga ditolak, sehingga diterima dan sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognitif. (2) Tidak terdapat perbedaan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap kemampuan metakognitif. (3) Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan kategori gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Gaya Belajar, Kemampuan Metakognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:48
Last Modified: 20 Nov 2020 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item