AKTIVITAS DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP UKHUWAH ISLAMIYAH(Studi Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Lampung)

MUSTOTO, mus (2020) AKTIVITAS DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP UKHUWAH ISLAMIYAH(Studi Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of LAPIRAN BELAKANG dokumentasi DISERTASI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN BELAKANG Petikan wawancara DISERTASI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB V PENUTUP DISERTASI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL PENELITIAN DISERTASI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN DISERTASI.pdf] PDF
Download (270kB)
[thumbnail of BAB II LANASAN TEORI DISERTASI.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN DISERTASI.pdf] PDF
Download (614kB)
[thumbnail of .HALAMAN DEPAN DISERTASI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Dewan Da‟wah Islamiyah Indonesia disingkat DDII atau Dewan Da‟wah merupakan organisasi yang bergerak di bidang dakwah Islam. DDII berupaya melakukan dakwah dalam pengembangan masyarakat Islam di Indonesia sehingga DDII mudah tersebar di daerah perkotaan ataupun pedesaan wilayah Indonesia. Disisi lain perkembangan zaman yang semakin maju membuat umat Islam disibukkan dengan masalah dunia sehingga bisa menyebabkan lupa terhadap ajaran Islam. Masyarkat Islam di Provinsi Lampung masih banyak yang belum mencerminkan kepribadian muslim dan kurang terjalinnya ukhuwah Islamiyah, hal ini dapat penulis lihat kurangnya mereka mendapatkan dakwah Islam yang dilakukan oleh organisasi Islam dan para da‟i di Provinsi Lampung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Aktivitas dakwah, bagaimana respon Mad’u dan bagaimana efek dakwah yang dilakukan oleh DDII Lampung terhadap pengembangan kepribadian muslim dan implikasinya terhadap ukhuwah Islamiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana dakwah yang dilakukan oleh DDII Lampung dan hasil penelitian ini diharapakan berguna untuk peningkatan ilmu, memberikan pembelajaran dan sekaligus memberikan stimulus bagi peneliti-peneliti berikutnya dalam upaya mengkaji dan meneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dan sumber penelitian yang diambil dari sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di DDII di tiga wilayah yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Lampung Tengah. tentang aktivitas dakwah dalam pengembangan kepribadian muslim dan implikasinya terhadap ukhuwah Islamiyah. Hasil pnelitian adalah tentang profil DDII Lampung, pembinaan da‟i, Pembinaan keluarga sakinah dan pembinaan masyarakat Islam. Masyarakat Islam merespon positif terhadap aktivitas dakwah Dewan DDII Lampung dan efeknya pada pengembangan kepribadian muslim dan implikasinya terhadap ukhuwah Islamiyah. Nampak dalam kehidupan di masyarakat mereka taat beribadah, saling berkasih sayang, saling menghormati, saling membantu, berkata dengan perkataan yang baik dan hidup bersama dan berdampingan dengan rukun, nyaman dan tentram. Kebaruan penelitian penulis atas aktivitas dakwah dalam pengembangan kepribadian muslim dan implikasinya terhadap ukhuwah Islamiyah yang dilakukan oleh DDII lampung adalah “ Kontruksi Dakwah Pengembangan Masyarakat Islam”

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:44
Last Modified: 19 Nov 2020 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12339

Actions (login required)

View Item View Item