PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH, KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPUASAAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

YULESMI, YUL (2020) PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH, KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPUASAAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI LENGKAP PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of YLESMI XXX.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada seberapa baik kualitas kinerja guru dalam menjalankan tugas akademiknya di sekolah/madrasah. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain supervisi kepala madrasah, kompetensi profesional, kepuasan kerja dan motivasi guru.Keempat faktor tersebut seharusnya berjalan secara terintegrasi dan berkesinambungan agar berdampak baik terhadap kinerja guru. Fakta empiris menunjukkan masih banyak masalah yang muncul pada masing-masing faktor tersebut sehingga menyebabkan kinerja guru di sekolah/madrasah belum optimal. Supervisi kepala madrasah yang bertujuan membina guru untuk meningkatkan profesionalitasnya justru jarang dilakukan dan bahkan dijadikan instrumen penilaian atau pengawasan. Rendahnya kompetensi profesional guru disebabkan antara lain kualifikasi akademik guru yang tidak sesuai dengan tugas/jabatan yang diemban. Kepuasan kerja dan motivasi yang rendah ditunjukkan dengan rendahnya semangat dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Berdasarkan hasil pra penelitian maka dipandang perlu untuk melakukan penelitian tentang kinerja guru dan faktorfaktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap kinerja guru yaitu supervisi kepala madrasah, kompetensi profesional , kepuasa kerja dan motivasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah, kompetensi profesional, kepuasan kerja dan motivasi guru baik secara sendiri-sendiri, berpasangan (dua variabel) maupun secara bersama-sama (empat variabel) terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah seluruh guru MA Kabupaten Tulang Bawang Barat yang berjumlah 242 guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 Responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data utama adalah angket, berbentuk skala sikap. Untuk menguji keabsahan dan keterandalan data digunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, homogenitas dan linieritas serta uji asumsi klasik yang terdiri atas uji multikolinieritas, heterokesdastisitas dan autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung koefisien regresi (linier sederhana dan berganda) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan a) melalui analisis regresi linier sederhana, variabel X1,X2,X3 dan X4 secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap Y (kinerja guru). b) melalui perhitungan analisis regresi linier ganda, variabel X1, X2, X3, dan X4 secara bersamasama berpengaruh secara signifikan terhadap Y. c) demikian pula variabel X1 dan X2, X1 dan X3, X1 dan X4, X2 dan X3, X2 dan X4, serta X3 dan X4 secara bersama-sama berpengaruh positif dan berkontribusi secara signifikan terhadap variabel Y. d). Besarnya pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah 47,89%, Besarnya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru adalah 47,19%, Besarnya pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru adalah 51,84%, Besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 56,10%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah apabila madrasah menginginkan peningkatan kinerja guru, maka langkah utamanya adalah dengan meningkatkan kualitas implementasi keempat variabel bebas tersebut baik secara terpisah atau sendiri-sendiri maupun secara kolektif integratif. Supervisi kepala madrasah dapat ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi sebagai supervisor, supervisi secara terprogram, terukur dan berkesinambungan serta menerapkan prinsip dan orientasi perbaikan dan peningkatan kinerja guru dan bukan “mengadili” apa yang sudah dilakukan guru. Kompetensi profesional guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan kualifikasi akademik baik dengan melanjutkan pendidikan maupun mengikuti diklat dan sejenisnya. Kepuasan kerja dapat dibangun dan ditingkatkan melalui pemberian reward, perhatian dan penciptaan suasana sosial akademik yang kondusif dan menyenangkan. Motivasi guru dapat dibangun dan ditingkatkan melalui pembinaan empat kompetensi guru serta dengan memfasilitasi aktualisasi bakat dan potensi yang dimiliki guru.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:08
Last Modified: 19 Nov 2020 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item